Blognya Sianny

Sunday, April 8, 2007

Meebo, Gantinya IM

Kebutuhan komunikasi yang lebih cepat di internet telah menyebabkan kebutuhan software untuk mengirim pesan singkat (instant messenger) juga meningkat. Pengembang perangkat lunak juga tidak kalah ketinggalan. Berbagai software instant messaging (IM) dibuat untuk mengimbangi kebutuhan tersebut. Saat ini saja telah muncul paling sedikit sepuluh perangkat lunak IM yang tersedia di internet. Sebut saja lima diantaranya yang cukup terkenal di kalangan pengguna internet antara lain Yahoo! Messenger, ICQ, Google Talk, MSN Messenger, dan AOL instant messenger (AIM).
Masing-masing software tersebut mempunyai basis pengguna yang berbeda-beda. Sehingga untuk berkomunikasi dengan masing-masing pengguna software tersebut, Anda harus memiliki identitas yang berbeda untuk login ke masing-masing software. Jika Anda memiliki teman yang menggunakan beberapa software berbeda, maka program IM sebanyak itu pula yang harus dihidupkan di komputer.
Namun sejak adanya Meebo, program IM berbasis web yang dijalankan di http://www.meebo.com, Anda dapat berkomunikasi dengan berbagai pengguna IM secara bersamaan. Beberapa software IM yang dapat ditangani oleh Meebo antara lain Yahoo! Messenger, ICQ, AIM, Google Talk, Jabber, dan MSN Messenger. Sekali login, keempat kotak pesan singkat dari masing-masing software IM akan muncul di layar web browser.
Untuk menggunakan Meebo, Anda hanya perlu menggunakan web browser yang mendukung Javascript. Apabila dukungan Javascript di dalam browser belum diaktifkan, maka Meebo.com akan meminta Anda untuk membuka dukungan tersebut sebelum menjalankan program.
Namun pada umumnya, beberapa web browser telah membuka dukungan Javascript pada setelan awalnya. Sehingga web Meebo.com dapat langsung diakses oleh pengguna awam. Dengan dukungan teknologi terbaru dari pemrograman Ajax, setiap kotak pesan dapat diatur letaknya di dalam web browser dengan mudah.
Kelebihan lainnya, Meebo.com tetap dapat digunakan meskipun jalur komunikasi untuk software IM ditutup. Hal ini disebabkan Meebo.com menggunakan jalur komunikasi yang sama dengan website. Apabila komputer Anda dapat melakukan akses ke suatu website, maka Meebo.com juga dapat digunakan tanpa halangan. Namun bagi kantor yang menerapkan batasan untuk penggunaan perangkat lunak ini, akses ke website Meebo.com dapat saja ditutup melalui setelan firewall.
Namun kekurangannya, fitur lain seperti konferensi, komunikasi suara, atau bahkan pengiriman SMS, yang umumnya ada di dalam software IM tidak dapat digunakan. Tidak ada fasilitas selain komunikasi berbasis teks di Meebo.com dan fitur catatan percakapan, emoticon, dan suara/bunyi pada saat pengiriman atau penerimaan pesan.
Meskipun begitu, fasilitas ini cukup banyak membantu para pengguna IM ketika membutuhkan komunikasi dengan rekan-rekannya pada saat komputer mengalami crash ataupun ketika jalur komunikasi untuk software IM ditutup. Karena berbasis web, Meebo.com dapat digunakan secara bebas (independent) dari semua komputer yang terkoneksi internet.

(Tulisan ini pernah dimuat di Suara Merdeka)

1 Comments:

  • Anda punya website, blog, account friendster, facebook? Anda dapat memperoleh penghasilan tambahan dengan mudah, dan gratis Hanya memasang link atau banner di bawah ini, anda dapat memperoleh penghasilan tambahan sampai Rp 20,4 juta perbulan Setiap ada pengunjung website dari webreplika anda yang menjadi paid member 1 titik, anda akan mendapatkan tabungan Rp 60.000 Menjadi paid member dengan 3 titik, anda akan mendapatkan tabungan Rp 200.000 Menjadi paid member dengan 7 titik, anda akan mendapatkan tabungan Rp 480.000 http://free-bank.blogspot.com/

    By Anonymous Anonymous, At February 16, 2009 at 7:14 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home